Saturday, January 7, 2017

CARA MEMBUAT WIFI ATAU HOTSPOT DENGAN CMD

Hai Sobat, kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial, yaitu cara membuat Wifi atau Hotspot dengan CMD. Tapi sebelum ini kita ketahui dulu apa itu Wifi? Menurut saya Wifi adalah sebuah teknologi yang dapat membuat kita terkoneksi satu antara lain melalui gelombang radio tanpa terhubung kabel (nirkabel).

Kenapa saya membuat tutorial ini? Mungkin salah satu sebabnya adalah, kebanyakan dari kita menginginkan Wifi gratis, seperti contohnya salah satu teman kita sudah terhubung dengan koneksi wifi.id, nah kita menginginkan juga untuk terhubung ke internet secara gratis, makanya laptop teman kita  jadikan Access Point saja biar teman yang lain bisa terhubung secara gratis.

Hotspot ini juga bisa kita gunakan untuk bermain game offline secara multiplayer layaknya menggunakan LAN, contohnya game Warcraft, CS GO,Stronghold Crusader, dan masih banyak lagi.

Syarat PC yang dapat digunakan untuk membuat Wifi adalah harus memiliki Wlan Card atau Wifi, kalau komputer harus ada Wlan Cardnya.

Ini dia tutorialnya :

  1. Buka CMD melalui Start, cari CMD, lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator.
  2. Pada CMD, kita ketik netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA_WIFI key=PASSWORD_WIFI, lalu Enter.
  3. Selanjutnya, hidupkan hotspot dengan mengetik netsh wlan start hostednetwork lalu Enter.
  4. Buka pada Control Panel > Network And Internet > Network And Sharing Center > Change Adapter Setting.
  5. Pilih Network yang terhubung ke Internet, lalu klik kanan dan pilih Properties.
  6. Masuk ke tab Sharing lalu Check pada Allow othernetwork user to connect through this Computer's internet connection, dan pada Home network connection pilih Local Area Connection 2 (atau Network yang digunakan untuk menshare wifi, kita dapat melihatnya melalui Network And Sharing Center).
  7. Terakhir, jangan lupa klik OK.
Pada NAMA_WIFI masukkan nama wifi atau hotspot yang akan dibuat, dan pada PASSWORD_WIFI masukkan password wifi yang akan kita buat minimal dalam memasukkan password wifi adalah 8 Digit, untuk mematikan Wifinya silahkan menggunakan netsh wlan stop hostednetwork lalu Enter.

Itulah tutorial dari saya semoga membantu anda, jika ada yang ingin bertanya silahkan komentar dibawah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon